Sonny Tulung, S.Sos

Let's SPEAK UP!!!!
Monday, August 19th, 2013
sonny

Pepatah lama mengatakan 'Silent is Gold', pesan moralnya adalah, berhati-hatilah bicara agar efektif dan positif. Eksesnya, sering juga terjadi saking berhati-hati, saking silent agar mendapatkan gold, dampaknya menjadi tak berani bicara. Berbicara adalah ketrampilan, yang trampil adalah yang terlatih. Bila 'Silent is Gold, Speaking is probably Silver, to know when to speak and when to keep silent is really Diamond' then.....Let's SPEAK UP!!!’

Let's SPEAK UP adalah tag line dari Team Communication, Sekolah Publik Speaking yang didirikan oleh presenter kondang Sonny Tulung, lulusan Sarjana S1 Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat-IISIP Jakarta. Team Communication kini hadir di Denpasar tepatnya di Jalan Cok Agung Tresna, Renon Denpasar, dan Sonny Tulung adalah pengajar utama di sekolah tersebut.

Sosok Sonny Valentino Tulung, lahir di Jakarta 12 Desember 1967, adalah presenter televisi Indonesia. Ia pertama kali dikenal luas masyarakat melalui Kuis Famili 100 yang dipandunya pada pertengahan dekade 1990-an. Sebelum menjadi seorang presenter, Sonny sudah berganti pekerjaan 10 kali sejak 1990, mulai dari menjual majalah-majalah ekspor hingga menjadi penyiar radio.

Dari semua pekerjaan yang digelutinya, menjadi penyiar radio adalah pengalaman yang paling berarti bagi Sonny. Tahun 1991 Sonny menjadi penyiar radio Ramako dengan honor Rp. 2000 tiap jam siaran. Sonny juga pernah menjadi penyiar di Radio Prambors.

Sejak menjadi Presenter Famili 100 karier Sonny melesat bagai komet, dengan honor yang cukup tinggi, menempatkan Sonny di papan atas bersama Koes Hendratmo, Tantowi Yahya atau Krisbiantoro. Prestasipun mengalir, Sonny meraih berbagai penghargaan, menjadi presenter pria terfavorit Panasonic Awards. Prestasi Sonny tidak tergeser 5 tahun berturut-turut, mulai 1998 sampai 2002. Sonny pun menyabet penghargaan MURI sebagai Presenter acara kuis terbanyak (3000 Episode), dan lain lain.

Sonny Tulung terkenal sebagai presenter kuis dan Program TV antara lain Famili 100 di ANTV, Indosiar dan TV7, Oriental Night di LaTIVI, 3 T (Teka Teki TPI ). Kemilau Permata (Variety Show Metro TV), Betul atau Salah ( Trans TV), dan News Boom di TV One. Sonny juga adalah produser TV Bangkitnya Surau Kami. Dan hingga kini tetap aktif di berbagai acara off air seperti pernikahan, ulang tahun, company gathering, launching product, seminar, workshop dan lain-lain.

Suami dari Virginia Conny Sumakud dan ayah dari Casey ini merasa kenyang berproses hingga meraih berbagai prestasi. Sonny merasa terpanggil untuk membagi ilmunya kepada masyarakat Indonesia. Maka dibentuklah Sekolah Publik Speaking pada tahun 2005 di Jakarta. ”Banyak presenter terkenal tapi mereka belum tentu mau dan punya waktu untuk berbagi ilmu,” ungkapnya ketika ditemui Team IMOB Educare di Denpasar.

Kini ia meluangkan waktunya bolak-balik Jakarta-Bali untuk mengajar, agar paramuda Bali memiliki keahlian komunikasi dan mampu bersaing dengan anak-anak lain di kota besar seperti Jakarta. Dikatakan syarat pertama untuk mengikuti kelasnya adalah tidak boleh malu.

Learn from the expert di Team Communication , diharapkan dapat memberi sistem pendidikan non akademik dan profesional yang bermutu. Nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, adaptif dan inovatif. ”Saya senang mengajar anak-anak Bali, banyak yang kreatif dan smart. Ada siswa kita yang baru diajar beberapa kali lalu mengikuti Lomba MC dan dia menang,” ungkapnya gembira. “Itu artinya potensi anak- anak Bali untuk sukses berkarier menjadi Publik Speaker terbuka lebar, asal jangan malu- malu,” tambahnya lagi.

tc


Bagi pembaca Imob Educare yang ingin ikutan kelas Sonny Tulung akan diberikan diskon special. Caranya dengan mendaftar via SMS ke 5667 dengan ketik TC<>Nama<>Sekolah<>Alamat. Mulai Edisi September Sonny Tulung akan mengasuh rubrik Publik Speaking di IMOB Educare, para pembaca disiapkan ruang untuk bertanya jawab dengan Sonny Tulung dengan cara ketik TC<>Pertanyaanmu. SMS juga dikirimkan ke 5667, berlaku untuk pengguna telkomsel (tariff 1000/SMS).