SMKN 5 DENPASAR

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan
Friday, June 10th, 2011
sajian 15

Gerbang Masuk SNKN 5 Denpasar

SMKN 5 Denpasar memiliki visi untuk menjadi Lembaga Diklat Kejuruan yang berstandar Nasional dan Internasional dengan bidang keahlian Pariwisata dan Seni Pertunjukan.Sekolah ini memberikan pelayanan pendidikan dan latihan kejuruan yang profesional dan unggul kepada masyarakat.

SMKN 5 Denpasar menghasilkan tenaga kerja yang tanggap terhadap perubahan akibat pasar global, mandiri, dan mampu menciptakan pekerjaan. Sekolah ini juga memberikan layanan Diklat berstandar Nasional dan Internasional serta jasa produksi kepada peserta didik, masyarakat, dan instansi atau lembaga yang membutuhkan.

SMKN 5 Denpasar didirikan untuk menjawab perkembanga kepariwistaan dunia semenjak tahun 1990-an yang menyebabkan kebutuhan tenaga trampil dalam bidang kepariwisataan terus bertambah. Pendidikan dan pelatihan di bidang kepariwisataan yang diselenggarakan oleh SMKN 5\Denpasar merupakan salah satu jawaban dalam menjdiapkan tenaga trampil dan siap pakai dalam bidang pariwisata.

Sementara, kota Denpasar yang berwawasan budaya harus juga didukung oleh lembaga pendidikan yang melahirkan seniman-seniman muda yang mampu berkiprah dalam pengembangan budaya daerah dan nasional. Pariwisata dan seni merupakan suatu kegiatan yang selalu berdampingan. Oleh karena itu dalam pengembangan pariwisata keberadaan seni dengan berbagai bentuknya selalu mendapat perhatian.SMKN 5 Denpasar mengelola pendidikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga dalam bidang keahlian pariwisata dan seni pertunjukan.

Karena itu, para siswa di SMKN 5 Denpasar ini dididik di bidang keahlian pariwisata melalui program keahlian akomodasi perhotelan, usaha jasa pariwisata dan tata boga (restoran). Para siswa juga dididik untuk memiliki bidang keahlian dan seni pertunjukan melalui program keahlian seni tari dan seni karawitan.

Sistim pendidikan dan pelatihan atau proses belajar mengajar di SMKN 5 adalah, pendidikan dilaksanakan di sekolah dan di industri (sistem ganda). Untuk bidang pariwisata training siswa dilaksanakan di hotel-hotelyang ada di kawasa Kuta, Nusa Dua dan Sanur dan bahkan ada program training ke Singapura dan Malaysia. Untuk bidang keahlian seni pertunjukan atau seni tari dan seni karawitan trainingnya di sanggar tari dan tabuh yang ada di lingkungan kota Denpasar. Khusus untuk siswa bidang keahlia seni diberikan tambahan keahlian pariwisata sesuai dengan minamal siswa, juga diberikan training di industri pariwisata.

Tenaga pengajar di SMKN 5 Denpasar merupakan perpaduan antara tenaga akademis dan praktisi dalam bidang pariwisata demikian juga dalam bidang seni merupakantenaga yang handal dalam menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia masa depan. SMKN 5 Denpasar didukung oleh para pendidik yang berpendidikan sarjana dengan sertifikasi keahlian sesuai dengan kebutuhan pengajar mata diklatyang diajarkan.Sekolah ini berlamat di Jalan RatnaNo 17 Kota Denpasar Bali.