SMK PGRI 2 Badung

Unggul di Bidang Teknologi Otomotif
Thursday, March 8th, 2012

 

smk pegri 2 badung

SMK PGRI 2 Badung didirikan oleh YPLP PGRI Kabupaten Badung tanggal 7 Agustus 1996. Sekolah yang dipimpin oleh Drs. I Gusti Ketut Sukadana ini merupakan sekolah terakreditasi A (amat baik) sesuai SK BAS Provinsi Bali 205/BAP-SM/LL/XI/2009 tanggal 18 November 2009.

Dalam usia yang relatif masih muda, SMK PGRI 2 Badung telah memberi kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang teknologi otomotif. Banyak alumni SMK PGRI 2 Badung terserap di dunia kerja seperti beberapa bengkel ternama di Bali dan banyak pula yang menciptakan lapangan kerja sendiri.

 

Sampai saat ini SMK PGRI 2 Badung membuka bidang studi keahlian teknologi dan rekayasa dengan dua program studi keahlian yakni teknik otomotif dengan dua kompetensi keahlian yakni pertama, teknik sepeda motor yang dibina langsung oleh tenaga-tenaga ahli dan kompeten dalam bidang sepeda motor Honda, Suzuki, Yamaha dan Kymco dengan sistem pembelajaran yang sangat praktis dan menyenangkan yang disajikan dengan sarana multimedia sehingga lulusannya benar-benar siap pakai. Kedua, teknik kendaraan ringan (kelas industri) yang dibina langsung oleh instruktur dari Toyota, Hino, Suzuki, Mazda dan Mitsubishi yang memberikan ketrampilan sesuai kebutuhan industri sehingga sangat kompeten di bidang mekanik mobil. Ketiga, teknik kendaraan ringan (kelas reguler) yang dibina oleh guru-guru pilihan SMK PGRI 2 Badung yang memiliki kompetensi di bidang otomotif.

SMK PGRI 2 Badung juga membuka bidang keahlian Teknik Komputer Informatika dengan kompetensi keahlian multimedia yang dibina oleh guru-guru SMK PGRI 2 Badung yang memiliki kompetensi di bidang informatika danm instruktur dari Bali TV, Dewata TV, RRI, Bali Post dan Denpost. Di samping itu SMK PGRI 2 Badung melalui surat keputusan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Nomor: SER. 563/3235/Disnaker tanggal 22 November 2010 telah memberikan perpanjangan ijin Balai Latihan Kerja SMK PGRI 2 Badung Nomor: 563/568 Tahun 2002/Disnaker tanggal 11 Juni 2002 yang lebih dikenal dengan nama ‘Community College BLK SMK PGRI 2 Badung. BLK ini melaksanakan pelatihan mekanik roda 2 sepeda motor level II dengan jangka waktu 1008 jam atau satu tahun dan pelatihan komputer level I dengan jangka waktu 231 jam atau tiga bulan.

Perjalanan SMK PGRI 2 Badung tidak lepas dari kepercayaan masyarakat luas. Sekolah ini sungguh dipercaya sebagai salah satu sekolah kejuruan swasta yang hampir setiap tahun memunculkan dan memimpin dalam hal inovasi untuk pengembangan sekolah kejuruan. Seluruh civitas akademika selalu berbenah diri dan selalu dituntut untuk berinovasi dan harus menjadi yang terbaik.

Dalam operasional kesehariannya, SMK PGRI 2 Badung berusaha untuk tetap berdiri di atas visi yakni SMK PGRI 2 Badung berkualitas dalam menyiapkan SDM profesional yang berbudi pekerti luhur, memiliki kompetensi berstandar nasional dan internasional. Ada tiga misi yang diemban oleh sekolah ini yakni, pertama, menyiapkan SDM profesional yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang tinggi serta budi pekerja luhur sesuai tuntutan masyarakat dan perkembangan Iptek. Kedua, mengubah manusia beban menjadi manusia aset yang produktif bagi pemerintah daerah Bali maupun nasional. Ketiga, menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut dan Tri Hita Karana sebagai landasan kearifan dalam perilaku. *GUS