Nabilla Benitta Setiawan

Ikut Paduan Suara?, Why Not?
Saturday, July 5th, 2014
Nabilla Benitta Setiawan
Apakah ada Imob Youngster yang punya suara merdu? Atau tidak harus merdu tetapi, saat bernyanyi tidak menyakiti gendang telinga orang lain? Nah, talenta tersebut bisa digunakan untuk berbagi kebaikan. Tidak mesti jadi idol di TV, jadi anggota paduan suara pun boleh. Syaratnya mudah kok. Cukup bisa solmisasi alias baca not dan daftar di paduan suara terdekat.

Teman kita Nabilla Benitta Setiawan termasuk yang jatuh cinta dengan paduan suara. Kata dia,ikut paduan suara akan lebih baik untuk mengekspos bakat bernyanyi. Daripada nyanyi di kamar mandi mendingan di paduan suara. ”Banyak banget manfaat yang bisa didapat dengan ikut paduan suara. Beberapa penelitian sependapat juga bahwa paduan suara itu menyehatkan”, tutur dara manis ini.

Tuturnya lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa anggota koor tidak sekedar mencoba bernyanyi secara harmonis dengan anggota-anggota lain, tapi juga menyamakan detak jantung. Mekanisme pengaturan pernafasan seperti ini membuat tingkat detak jantung melambat. Detak jantung melambat saat kamu mengeluarkan udara dan akan naik saat kamu memasukkan udara ke tubuhmu. Jadi jumlah detak jantung akan mengikuti struktur irama lagu sehingga kita akan terhindar dari tekanan darah tinggi. “Lagu dengan frase yang panjang membantu seseorang mencapai efek yang sama dengan latihan pernapasan dalam olahraga yoga”, katanya.

Bernyanyi selain menyehatkan fisik, juga berpengaruh terhadap psikologis. Graham Welch, ketua pendidikan musik di University of London dilansir dari kompas.com mengatakan, manfaat fisiknya yaitu dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah, sedangkan manfaat psikologisnya adalah dapat menurunkan stres dan meningkatkan perasaan menjadi lebih baik.

Gadis yang akrab disapa Olla itu tentu saja sudah merasakan manfaat ikut paduan suara. Hingga sempat memperoleh juara 1 Lomba Paduan Suara tingkat kecamatan dan Juara III Lomba Paduan Suara tingkat kabupaten. Nabilla Benitta Setiawan lahir di Denpasar, 20 September 1997 dari pasangan ayah Iwan Setiawan dan ibu Ninis Surtiani. Gadis yang bertempat tinggal di Jalan Imam Bonjol 483, Denpasar ini tercatat sebagai siswi SMAN 1 Kuta.
Sejumlah prestasi telah ditorehkannya antara lain; Juara I Lomba Calistung Tingkat Kecamatan (2004), Juara I Lomba Calistung Tingkat Kabupaten (2004), Juara 1 Lomba Sinopsis Tingkat Kecamatan (2006), Juara 1 Lomba Sinopsis Tingkat Kabupaten (2006). Juga Juara Harapan I Lomba Murid Berprestasi Tingkat Kabupaten (2007), Best News Reader Sesif SMAN 1 Kuta (2009), The Favorite Winner SMAN 2 Denpasar (2013), Juara III News Reading Universitas Warmadewa (2014).

Ia juga tercatat Juara I Lomba Pidato Tingkat Kecamatan (2007), Juara I Lomba Pidato Tingkat Kabupaten (2007) dan Juara II Lomba Pidato Tingkat Kabupaten (2009). Selain itu ia juga tercatat sebagai peraih Juara I Paduan Suara Tingkat Kecamatan, Juara III Paduan Suara Tingkat Kabupaten, Juara Harapan I Musikalisasi Puisi Fakultas Sastra Unud dan Juara I Festival Teater Remaja Nasional ISI Jogja. Wouhh, bravo Nabilla.