Mengenal Olahraga Pilates

Monday, July 7th, 2014
Pilates
Hai Imob Youngster! Kali ini kita akan bahas tentang olahraga pilates. Nah kalian pasti sedikit asing tentang olahraga yang satu ini kan? Well, olahraga yang satu ini memang baru-baru ini booming di Indonesia.

Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Let say, olahraga ini mirip seperti yoga dan olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang. Apa yang membuat Pilates berbeda dari Yoga adalah bahwa Pilates lebih terfokus pada menstabilkan dan memperkuat otot panggul dengan dinamis serta keseimbangan antara kekuatan dan kelenturan otot perut. Sedangkan Yoga lebih menekankan pada fleksibilitas pada tubuh.

Pilates ini banyak banget manfaatnya loh guys, selain menurunkan berat badan , apalagi untuk kita nih remaja yang lagi dalam tahap pertumbuhan ya, perlu melatih kelenturan tubuh. Dan memperbaiki tulang belakang kita. Tanpa disadari kita sering banget tuh saat membawa barang berat atau tas sekolah yang berselempang, lambat laun membuat postur tubuh kita menjadi tidak seimbang guys!. Wah bahaya tuh, bisa bisa mempengaruhi tulang yang lain. Penyakit tulang seperti skoliosis juga bisa diperbaiki dengan melakukan pilates.

Pilates
Nah, manfatat lainnya juga melatih otot-otot kita yang jarang dipakai. Bayangkan manusia memiliki sekitar 700 otot! Sangat banyak sekali. Nah kalau otot-otot ini jarang dipakai, akan mengkerut dan kemudian mengecil. Jadi otot tidak bekerja secara maksimal. Dan ternyata tanpa disadari kita sering memakai otot yang salah. Seperti misalnya nih untuk kita yang habis membawa barang berat pasti punggung kita sering pegal kan? Itu berarti kita tidak memakai otot yang benar, dianjurkan kita memakai otot belikat agar tidak cepat capek. Belum lagi nih bagi kita yang pernah atau sering keselo, itu ternyata disebabkan karena cara kita melangkah yang salah. Dalam Piltes kita juga akan diajarkan cara berdiri yang benar agar tulang kaki kita menopang dengan seimbang. Luar biasa kan!.

Banyak hal yang tidak kita tahu dan tanpa sadari bisa membahayakan tubuh kita sendiri, nah karena itu kita perlu belajar mengenai badan kita sendiri dan menjaganya dengan baik. Dijamin kalau tubuh kita lentur, jarang deh ada sakit punggung atau keseleo yang datang, dan membuat tubuh lebih ringan juga so, pilates ini alternatif olahraga yang baik buat kita yang masih remaja dalam membentuk postur tubuh yang ideal. Selamat berolahraga.