Direktur BPC & Balindo Paradise

Hadiri Lauching Kapal Pesiar Baru MSC Divina 2012
Tuesday, June 14th, 2011

sajian 49

Masyarakat Bali tentu tak asing lagi dengan Sekolah kapal Pesiar Balindo Paradiso dan Bali Paradise Crew yang merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan tenaga kerja untuk kapal pesiar. Lembaga pendidikan dan pelatihan ini dipimpin oleh I Wayan Kawan Setyawan,BA,S.Sos.

 

Lembaga ini mendapat kehormatan untuk menghadiri lauching kapal pesiar baru Mediterranean Shipping Cruise (MSC) Divina 2012. Luar biasa!

Direktur dan Operational Manager Bali Paradise Citra Dewata (BPC) & Sekolah Kapal Pesiar Balindo Paradiso, I Wayan Kawan Setiawan,BA.,S.Sos dan I Kadek Hendra Julihartawan,S.E, dalam waktu dekat ini akan meninggalkan Bali menuju Marseille, Perancis. Mereka akan menghadiri undangan upacara peluncuran (launching) kapal pesiar baru super mewah milik MSC (Mediterranean Shipping Cruise) yang diberi nama MSC Divina yang merupakan adik dari MSC Fantasia dan Splendida. Kapal Pesiar ini memenangkan penghargaan desain internasional arsitek De Jorio, berbobot 89.600 ton, dengan panjang 3.333 meter, lebar 38 meter, kecepatan 23,7 knots, dengan 18 lantai, berkapasitas 3.500 penumpang dengan 1.739 cabins, dan 1.200 crew yang berasal dari 49 negara. Diantaranya juga berasal dari Bali yang direkrut lewat PPTKIS Bali Paradise Citra Dewata yang berkantor pusat Jalan Pulau Ayu XIII No. 3 Denpasar, dan kampus Balindo Paradiso Jalan Kerthapura VIII No. 21 Denpasar serta Hotel tempat training BPC City Hotel Jalan Teuka Umar Barat No. 234 Denpasar.

Selain akan dihadiri oleh pemilik (owner) kapal MSC, juga diundang Walikota Marseille, Direktur Cruise Terminal Marseille, General Manager Galangan Kapal STX Saint-Nazaire , pejabat-pejabat parlemen, para pebisnis/pengusaha dan komponen pariwisata serta artis kelas dunia yang berasal dari Inggris, negara-negara Eropa lainnya, Amerika, dan Australia. Pemotongan pita akan dilakukan oleh salah satu artis top dunia Shopia Loren.

Merupakan tradisi bagi MSC Cruises untuk melaunching semua kapal pesiar baru di pelabuhan (port) penting dan memilih port yang berbeda setiap kalinya. Marseille, Perancis pelabuhan terbesar dan ketiga terbesar di Eropa, adalah pilihan yang jelas untuk merayakan kedatangan kapal pesiar barunya. Demikian diungkapkan Director BPC I Wayan Kawan Setiawan, BA. S.Sos. Ia memaparkan bahwa dengan dilaunchingnya MSC Divina, jumlah kapal MSC saat ini mengoperasikan 12 (dua belas) unit kapal pesiar, antara lain MSC Melody, Lirica, Opera, Armonia, Sinfonia, Musica, Orchestra, Poesia, Fantasia, Splendida, Magnifica yang berlayar sepanjang tahun di Mediteranean dan musiman di Eropa Utara, Samudera Atlantik, Karibia, Amerika Utara dan Kanada, Amerika Selatan, Samudera Hindia dan dan Afrika Barat. Tahun 2011 mulai merambah Asia yaitu Bahrain dan Dubai.

MSC Cruises adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang menerima "6 Golden Pearls" penghargaan dari Biro Veritas pengakuan tingkat tinggi kualitas tanggung jawab manajemen dan lingkungan. MSC juga telah mencapai ISO 9001 dan ISO 22000 sertifikasi untuk mutu dan keamanan pangan. Akan menyusul lagi kapal pesiar baru yang akan dilaunching setiap tahun sampai tahun 2015.

BPC dan Balindo Paradiso merupakan satu-satunya agent crew recruiting dari 49 negara yang diundang dalam upacara launching tersebut. Ini menunjukkan bahwa pihak MSC memiliki kepercayaan pada Bali Paradise Citra Dewata, Bali khususnya, Indonesia umumnya, karena kwalitas tenaga kerja tamatan Balindo Paradiso yang sudah terbukti dan teruji kemampuannya. Untuk itu bagi generasi muda yang memiliki mimpi bekerja meraih dollar sambil berkeliling dunia gratis, sangatlah tepat bergabung bersama Sekolah Kapal Pesiar Balindo Paradiso untuk mengasah skill, pengetahuan dan bahasa asing dalam program Cook/Tata Boga, Dinning Room & Cabin Steward dan Butler.