Asiknya Jadi Mahasiswa Baru

Friday, July 4th, 2014
Mahasiswa
Buat Imob Youngster yang sudah diterima di kampus pilihan kalian, ini temen kita, Faisal Aslim akan bagi-bagi apa aja yang ada di lingkungan kampus. Faisal mengambil gelar Pascasarjana di Jurusan Psikologi Klinis - Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. Disini ia akan mengupas dunia kampus jadi 3 topik, diantaranya sebagai berikut:

1. Lingkungan Sosial yang Berbeda
Dari semua hal yang akan kamu alami di tahun pertama, sebetulnya tema besarnya cuman satu, yaitu proses adaptasi. Seringkali proses adaptasi ini dianggap sebagai sesuatu yang nyusahin, karena kesannya kamu harus mencocokan diri sama lingkungan yang asing. Padahal kalo aja kamu bisa liat dari perspektif yang beda, proses adaptasi ini bisa jadi suatu kesempatan buat kamu untuk memiliki paradigma yang baru yang lebih luas..
Satu hal yang paling terasa dari semua proses adaptasi yang perlu kamu lalui adalah perubahan lingkungan yang homogen menjadi heterogen. Maksudnya gimana? Jadi gini, demografi masyarakat di Indonesia itu sangat beragam, dari mulai persebaran geografis yang terdiri dari 18.307 pulau, dengan dihuni oleh lebih dari 300 etnis/suku, dan berkomunikasi dengan 737 ragam bahasa daerah. Sayangnya nih, situasi di Indonesia menuntut kita secara gak sadar untuk dibesarkan di lingkungan yang homogen dari kecil sampai SMA.

Naaah, tapi semua tabir homogenitas lingkungan bakalan terbuka nanti begitu hari pertama masuk kuliah. Kamu jangan kaget kalo (calon) temen-temen seperjuangan kamu di masa kuliah itu adalah “makhluk-makhluk yang ajaib” di matamu. Dari mulai berasal dari suku/etnis yang beragam, budaya sopan-santun yang beda tolak ukurnya, bahasa daerah yang suka nyamber kesana-kemari, punya temen-temen yang beda keyakinan - dari agama sampai pandangan politik yang beda, pokoknya “kacau” (baca: seru) banget deh temen-temen kamu nantinya!
Kalo dari kecil kamu cuma punya temen, guru, dan tetangga dari suku yang sama, agama yang sama, dan bahasa daerah yang sama... Sekarang di dunia kampus, kamu baru bisa melek dan melihat keragaman Indonesia yang sebenar-benarnya di depan mata kamu.

2. Kesempatan Terbaik Buat Ngasah Ilmu
Pas tahun pertama di kampus, wah.Kamu bakal ngerasain yang namanya NIKMATNYA BELAJAR di kampus (apalagi klo di jurusan yang emang kamu minatin).  Nikmat belajar yang dimaksudmaksud itu emang bener-bener belajar buat nuntut ilmu yah, bukan buat supaya nilai bagus dalam ujian. Karena di dunia kuliah, udah gak jaman lagi kamu ngakalin nilai dengan nyontek, nanya soal ulangan ke kelas sebelah, atau nyari kisi-kisi soal yang ada di ujian. Sekarang adalah saatnya kamu belajar buat bener-bener jadi EXPERT di bidangmu!

Emang nikmat belajarnya gimana sih? Bayangin ya, selama ini ngerasa gak sih kalo proses belajar kamu di mata pelajaran apapun itu dibatesin ilmunya sama buku cetak, catetan, atau apa yang keluar dari omongan guru... Nah di dunia kampus, kamu bisa gali pengetahuan di bidang yang kamu minati itu sebebas-bebasnya dengan cara yang mandiri. Bisa dari internet, buku-buku di perpus, online learning, dan juga diskusi sama dosen dan mahasiswa lain.
Jaman sekarang nih, kamu bakal ketinggalan kalo cuma belajar dari textbook atau catetan dari dosen doang... Kamu harus sadar kalo sekarang ada banyak banget akses lain yang bisa kamu upayakan supaya kamu bisa bener-bener menikmati proses belajarmu itu, misalnya akses perpustakaan, gali ilmu dari sumber online, diskusi sama dosen dan senior, dan selalu berfikir kritis.

3. Kembangin Dirimu di Luar Konteks Akademis
Kalo kata ahli psikologi Erik H. Erikson, usia-usia belasan sampe awal dua puluhan itu termasuk ke dalam rentang usia di mana orang tuh lagi nyari identitas, terutama identitas sosial. Maksudnya apa nih? Maksudnya, di usia kamu sekarang ini, manusia itu cenderung aktif banget buat nyari tau dirinya itu siapa sih, dan apa sih peran yang paling cocok kamu lakuin di tengah-tengah masyarakat.

Nah untuk menemukan jati dirimu yang sesungguhnya, gak akan deh ditemuin itu semua di textbook kuliah ataupun dengan belajar teori dimanapun. Identitasmu akan bisa kamu temukan ya di saat kamu berinteraksi dengan identitas lain di masyarakat, alias interaksi sosial dalam lingkungan kampus!
Jadi, pergunakanlah moment awal kuliah ini buat mengambil kesempatan terbaikmu buat membentuk karakter pribadi yang kuat, baik secara mental maupun intelektual!