2014: Indonesia Bebas dari Anak Jalanan?

Friday, July 4th, 2014
Anak jalanan tanggung jawab siapa?
Menteri Sosial RI Salim Segaf Al-Jufri mengakui jumlah anak terlantar di Indonesia mencapai 5,4 juta orang. Ironisnya baru sekitar 200.000 anak terlantar yang ditangani oleh pemerintah. Namun Kementerian Sosial mencanangkan sebuah gerakan, akhir tahun 2014 ini Indonesia bebas dari anak jalanan. Mungkinkah?

Angka anak jalanan terus meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 5,4 juta orang. Meski demikian, Kementerian Sosial RI menegaskan bahwa akhir tahun 2014 ini Indonesia akan bebas dari masalah anak jalanan. Hal ini karena sejak tahun 2011 Kementerian Sosial RI telah melakukan penanganan sekitar 80 persen anak jalanan. Artinya saat ini masih tersisa 20 persen lagi anak jalanan yang belum tertangani. Untuk menuntaskan anak terlantar ini diperlukan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu diharapkan Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dapat mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menangani masalah anak terlantar.

Bali juga tak luput dari anak jalanan. Dinas Sosial Provinsi Bali mengakui upaya untuk mengurangi anak terlantar di Bali terus dilakukan. Salah satu upaya adalah dengan menggandeng panti asuhan di seluruh Bali untuk menampung sekaligus membantu biaya pendidikan. Dinas Sosial mengakui masalah sosial anak-anak di Bali sangat komprehensif dan memerlukan solusi yang komprehensif pula. Data Dinas Sosial Provinsi Bali tahun 2011 lalu menyebutkan jumlah anak terlantar 18.137 orang, anak nakal 263 orang dan anak jalanan 102 orang.

Tekad Kementerian Sosial RI untuk membebaskan Indonesia dari anak jalanan pada akhir tahun 2014 ini mendapat tanggapan dari Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA). Menurut Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kemensos RI Edi Suharto Kemensos memang menargetkan zero anak jalanan pada akhir tahun 2014. Target ini dibuat agar bisa mengoptimalkan solusi mengatasai anak terlantar dan anak jalanan.

Tekad Kemensos RI tersebut dipandang hal yang tak masuk akal. Menurut Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Zero Anak Jalanan akhir tahun 2014 itu hal yang tidak masuk akal. Menurutnya mustahil menyelesaikan masalah anak jalanan yang saat ini masih sekitar 420 ribu tersebar di seluruh Indonesia. Kata dia, sekeras apapun upaya dilakukan akan tetap mengalami kesulitan mengatasi anak jalanan tersebut.Penyebabnya, masih kurang komitmen dari berbagai pihak untuk menekan angka anak jalanan tersebut.

Dikatakan Arist, masalah anak jalanan, juga masalah lainnya menyangkut anak-anak Indonesia akan bisa terselesaikan jika semua pihak mempunyai komitmen yang sama untuk bersama-sama pula menyelesaikan masalah sosial anak. Jadi Kemensos, Kemendikbud, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Lembaga Swadaya Masyarakat harus bergandengan tangan dan bersama-sama menuntaskan masalah anak-anak termasuk masalah anak jalanan.Yah, kita semua yang harus menyelesaikan masalah anak jalanan tersebut.